Aktivitas
[FTSP] PENANDATANGANAN KERJASAMA DAN PENANAMAN POHON DI DUSUN GENDONG

[FTSP] PENANDATANGANAN KERJASAMA DAN PENANAMAN POHON DI DUSUN GENDONG

Penanaman pohon memberikan banyak dampak positif yang tidak hanya dirasakan oleh manusia, namun juga bagi lingkungan, antara lain berupa:

  • Meningkatkan suplai oksigen
  • Mencegah terjadinya banjir karena meningkatkan daya penyerapan air di tanah
  • Mengurangi pencemaran karena proses fotosintesis tanaman membutuhkan CO2
  • Pohon yang menghasilkan buah akan memberikan manfaat secara ekonomi
  • Dan masih banyak lainnya

 

Manfaat-manfaat tersebut yang menjadi latarbelakang kegiatan penanaman pohon kali ini. Penanaman pohon ini merupakan hasil kerjasama antara FTSP ITATS, Universitas Islam Balitar (Unisba), PT Yuwana Artha Graha, dan PT Rojokoyo Makmur Indonesia. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 10 Desember 2022.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penandatanganan MOU dan MOA antara FTSP ITATS, Universitas Islam Balitar (Unisba), PT Yuwana Artha Graha, dan PT Rojokoyo Makmur Indonesia. FTSP ITATS diwakili oleh Dekan FTSP Bapak Dr.Eng. Ir. M. Ferdaus Noor Auladi, ST., MT., MSc. Universitas Islam Balitar (Unisba) diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Bapak Dr. Drs. Supriyono, M.Ed. PT Yuwana Artha Graha dan PT Rojokoyo Makmur Indonesia diwakili oleh Direktur PT YAG dan PT RMI Bapak Dr. Yuwono Budi Pratiknyo, ST., MT, CEIA. Berikut adalah dokumentasi penandatanganan MOU dan MOA.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi oleh pihak Unisba dan FTSP ITATS. Pembicara dari Unisba adalah Ibu Ir. Tri Kurniastuti, MMA dengan topik Tanaman Toga dan Tanaman Buah. Topik sosialisasi yang disampaikan oleh FTSP ITATS adalah Tanaman dan Dampak bagi Lingkungan oleh Bapak Achmad Chusnun Niam, SSi., MT., PhD.

Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon. Kegiatan ini juga dihadiri oleh DLH Kabupaten Blitar dan Rekan Media. Bibit pohon yang disediakan adalah bibita pohon alpukat dan Sawo. Jumlah bibit pohon yang akan ditanam di Dusun Gendong, Desa Purworejo, Kecamatan Sanankulon sebanyak 200 buah. Penanaman bibit pohon ini juga dibantu oleh warga dusun terkait.

Harapannya dengan adanya kegiatan penanaman pohon dapat memberikan manfaat bagi penduduk dan lingkungan Dusun Gendong, Kabupaten Blitar, selain itu, semoga terlaksananya beberapa kegiatan sebagai bentuk implementasi MOU dan MOA antara ITATS, UNISBA, PT YAG dan PT RMI.