Selamat! Dosen FTSP Dan FTI ITATS Meraih Paten Granted

Dosen FTSP Dan FTI ITATS Raih Paten Granted dengan Judul Invensi “Alat Anti-Slip Roda Kendaraan”

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dengan bangga mengucapkan selamat dan sukses kepada tim dosen yang berhasil meraih Paten Granted atas invensi “Alat Anti-Slip Roda Kendaraan.” Paten ini  diterima dengan Nomor pemohon S00202109036.

Tim dosen yang terlibat dalam pencapaian ini adalah:

1. Dr. Agus Budianto, S.T., M.T (Jurusan Kimia)

2. Ayu Setyaning Sayekti P, S.T., M.T. (Jurusan Teknik Mesin)

3. Ahmad Anas Arifin, S.T., M.Sc (Jurusan Teknik Mesin)

4. Dr. Esthi Kusdarini, S.T., M.T. (Jurusan Teknik Pertambangan)

5. Ars. Nareswarananindya, S.T., M.Ars. (Jurusan Arsitektur)

Invensi ini berupa pelat anti-slip yang dipasang pada roda kendaraan sebagai solusi untuk meningkatkan gesekan antara roda dan jalanan berlumpur. Pelat ini dipasang secara tegak lurus pada roda kendaraan dan diikatkan menggunakan sabuk fleksibel yang dapat disesuaikan dengan ukuran roda kendaraan. Pelat kemudian dikunci dengan Tali Penjepit Gesper sehingga terpasang dengan baik pada roda. Ciri khas invensi ini adalah kontur huruf W pada bagian pelat yang dapat meningkatkan gaya cengkram roda terhadap jalan.

Pencapaian ini mencerminkan komitmen ITATS dalam mendorong inovasi dan kontribusi nyata terhadap pengembangan teknologi di Indonesia. Semoga invensi ini dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan keamanan dan performa kendaraan di berbagai kondisi jalan

Tags:

Comments are closed